A. Pengertian Materi Ajar
Materi ajar adalah segala bentuk materi yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Materi yang dimaksud bisa berupa materi tertulis, maupun materi tidak tertulis.
Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai.
Bahan ajar adalah materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar (Depdiknas, 2003). Materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus diajarkan oleh guru dan harus dipelajari oleh siswa untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Selain itu, materi ajar merupakan seperangkat materi/substansi pelajaran yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan materi ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi atau kompetensi dasar secara runtut dan sistematis, sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu. Materi ajar merupakan informasi, alat, dan teks yang diperlukan guru untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
B. Jenis – jenis Materi Ajar
Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan dan sikap atau nilai.
1. Fakta
Menyebutkan kapan, berapa, nama dan dimana.
2. Konsep
Defenisi, identifikasi, klasifikasi, ciri-ciri khusus.
Contoh : tuliskan rumus pythagoras!
3. Prinsip
Penerapan, dalil, hukum, atau rumus. ( Jika...maka...).
Contoh :
Luas persegi panjang adalah p x l
Jika kita rajin berolahraga maka tubuh kita akan menjadi sehat.
4. Prosedur
Bagan arus atau bagan alur (flowchart), algoritma, langkah-langkah mengerjakan sesuatu secara urut.
Contoh:
Langkah-langkah membuat karangan
a. Menentukan tema
b. Menentukan ide pokok setiap paragraf
c. Mengembangkann ide pokok setiap paragraf
d. Menentukan judul karangan
C. Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 - 6
a. Materi Ajar Kelas 1
1. Perkenalan
2. Menjiplak dan menebalkan
3. Suku kata dan kata
4. Bunyi bahasa
5. Kalimat sederhana
6. Huruf, kata, dan kalimat sederhana
7. Kalimat sapaan
8. Cerita
9. Anggota tubuh
10. Petunjuk sederhana
11. Kalimat
12. Bacaan/wacana
13. Puisi
14. Ciri benda
15. Percakapan
16. Deskripsi benda
17. Dongeng
18. Huruf dan puisi anak
b. Kelas 2
1. Teks pendek
2. Kalimat tanya
3. Cerita rumpang
4. Puisi anak
5. Kegiatan sehari-hari
6. Huruf tegak bersambung
7. Huruf kapital
8. Penggunaan tanda titik
9. Bacaan atau teks pendek
10. Tand titik (.) dalam penulisan angka jam
11. Teks pendek ke kebun binatang
12. Ciri-ciri tumbuhan
13. Pesan pendek
14. Dongeng
15. Ciri-ciri hewan
16. Membaca dalam hati agak panjang
17. Deskripsi binatang
18. Membaca nyaring teks 15-20 kata
19. Ciri-ciri hewan dan tumbuhan
c. Kelas 3
1. Bacaan untuk di baca dengan lafal dan intonasi yang tepat
2. Penyampaian tanggapan terhadap suatu masalah
3. Pemberian saran terhadap suatu masalah
4. Karakteristik tokoh cerita
5. Kritikan isi cerita
6. Kalimat-kalimat puisi
7. Kata-kata sulit dalam bacaan
8. Penjelasan petunjuk penggunaan suatu alat ukur
9. Penyusunan paragraf
10. Simpulan isi bacaan
11. Penjelasan atau petunjuk melakukan sesuatu
12. Perubahan puisi ke dalam bentuk prosa
13. Demonstrasi penggunaan alat sesuai dengan petunjuk
14. Mendengarkan drama
15. Ekspresi pemain drama
16. Membaca intensif
17. Menjelaskan kata-kata sukar
18. Menulis karangan sederhana
19. Menulis puisi
20. Membaca puisi
21. Bercerita tentang peristiwa yang dialami
22. Cerita pengalaman teman
23. Bertanya dan berdiskusi tentang pengalaman teman
24. Menirukan dialog
25. Intonasi dialog
26. Dialog melaui telepon
27. Pertanyaan bacaan dengan kata tanya apa, siapa, di mana dan bagaimana
28. Bercerita tentang pengalaman yang berkesan
29. Tanggapan cerita teman
d. Kelas 4
1. Petunjuk penggunaan denah atau gambar
2. Simbol daerah atau lambang korps
3. Denah atau gambar
4. Petunjuk penggunaan suatu alat
5. Pikiran, pokok suatu teks/wacana/paragraf
6. Petunjuk pemakaian
7. Pengumuman
8. Pantun
9. Berbalas pantun
10. Tata cara bertelepon percakapan dalam telepon
11. Kalimat utama dan kalimat penjelas
12. Pantun anak
13. Karangan tentang berbagai topik sederhana
14. Ejaan yang disempurnakan
e. Kelas 5
1. Tanggapan penjelasan narasumber
2. Unsur-unsur cerita rakyat
3. Masalah atau peristiwa yang terjadi di sekitar
4. Pengamatan atau kunjungan terhadap objek tertentu yang menarik di sekitar
5. Wawancara sederhana
6. Percakapan
7. Gagasan utama suatu teks atau wacana
8. Puisi anak
9. Karangan berdasarkan pengalaman
10. Surat undangan
11. Dialog sederhana
12. Menaggapi cerita
13. Unsur-unsur cerita
14. Persoalan aktual
15. Drama pendek anak
16. Membaca, memindai berbagai teks
17. Cerita anak
18. Pokok-pokok isi buku bacaan atau teks
19. Laporan pengamatan atau kunjungan
20. Puisi bebas
f. Kelas 6
1. Pokok-pokok suatu teks atau bacaan
2. Cerita anak
3. Unsur-unsur dalam cerita
4. Intonasi atau pesan dari berbagai media
5. Kritik
6. Laporan hasil pengamatan atau kunjungan
7. Kolom atau rubrik majalah anak atau surat kabar
8. Formulir
9. Ringkasan teks atau wacana
10. Percakapan
11. Parafrase puisi
12. Berita
13. Drama pendek
14. Pidato
15. Sinopsis
16. Resensi buku
17. Puisi karya sendiri
18. Makna tersirat suatu teks
19. Unsur-unsur drama
20. Pidato
21. Jenis-jenis surat
0 comments:
Posting Komentar